test

Assalamualaikum wrwb.....

Selamat datang di blog Nanina Kitchen
Di sinilah tempat aku berbagi ilmu dengan teman2 yang mempunyai minat yang sama yaitu di bidang baking dan dekorating

Silakan mengintip hasil karya yang sudah pernah aku buat, jika ingin mengcopy paste mohon untuk mencantumkan link ke blog ini, hargailah hasil karya orang lain !!

Lets have fun in the kitchen....

Senin, 21 Mei 2012

Step by Step Pembuatan Flowers Cupcake Bouquette

Sudah lama sekali aku gak pernah posting step by step, padahal sudah banyak permintaan dari beberapa teman2 untuk mendokumentasikan step by step cake yang aku buat

Masalahnya kadang2 aku sudah kecapean karena semuanya aku sendiri yang ngerjain dari mulai belanja bahan, baking sampai ngedekor bahkan kadang kalau gak dapet kurir ya aku sendiri yang nganterin, balada bakul kue rumahan hiks hiks...

Kebetulan kalau untuk pembuatan cupcake bouquette ini pengerjaannya bisa dicicil jadi aku ada kesempatan untuk mendokumentasikannya, mudah2an bisa membantu teman2 lainnya yang ingin memmbuat cupcake bouquette tapi gak sempat untuk kursus ataupun bagi teman2 yang tinggalnya di luar kota

Tak lain dan tak bukan aku membuat step by step ini pertama2 untuk pengingat bagi diriku sendiri karena takutnya aku lupa karena belum tentu aku membuat yang seperti ini setiap bulan
Kedua... aku membuat ini untuk teman2 sekalian yang memang membutuhkan step by step pembuatan cupcake bouquette ini, semoga bermanfaat....





Kebetulan aku pas dapat orderan pembuatan cupcake bouquette untuk ultahnya Bank BJB jadi sekalian aja aku buatin step by stepnya
Sayangnya pas sudah selesai di luar lagi panas banget jadi aku gak bisa foto diluar seperti foto cupcake bouquette sebelumnya jadi foto seadanya aja di ruang tamu ):


Ini foto yang diambil di taman depan rumahku, sayang banget yang 3 cupcakes gak sempet moto diluar karena selain udaranya panas banget aku nya juga sudah kecapean dan setelah ngerjain ini juga sudah menunggu cake selanjutnya untuk di dekor hiks hiks

Sudahlah gak perlu di bahas lagi soal foto itu yang penting customer ku puas dengan hasilnya, that's the most important things, right ? hehehe....

Sekarang mari kita mulai proses pembuatannya, disimak ya xixixixi.....

Pertama2 kita siapkan dulu cake board bulat diameter 30 cm dan styro bulat 30 cm yang direkatkan dengan lem khusus styro form, biar makin terlihat cantik kita kasi pita di sekelilingnya
Setelah itu dibalik jadi yang styroform yang menghadap ke atas
Lalu kita siapkan 500 gr fondant yang sudah diwarnai, lalu basahi permukaan styro dengan air putih agar gampang pada saat kita menggilas fondant
Gilas fondantnya lalu letakkan matt motif supaya lebih cantik, potong kelebihan fondantnya, contohnya seperti foto terlampir


Setelah selesai letakkan pot diameter 16cm ditengah2 lalu bulatkan fondant kecil2 kemudian letakkan di dasar pot setelah itu tusukkan 2 tusuk sate di setiap lobangnya seperti contoh foto terlampir



Siapkan styroform berbentuk bulat bola diameter 15 cm yang bisa dibeli di toko sentosa ( bukan salesnya toko sentosa ya hehehe )
Lalu bungkus dengan kertas krep


Kemudian letakkan styro bola yang sudah terbungkus kertas krep diatas pot yang sudah ada tusuk satenya, pelan2 dorong ke bawah hingga menembus tusuk satenya ( hati2 pada saat mendorongnya jangan sampai tertusuk )


Siapkan 16 buah cupcake untuk disusun diatas pot
Gunakan kelebihan sisa dari kertas krep untuk digunting kotak untuk menghias dibawah cupcake
Jika tidak menemukan bunga plastik cukup menggunakan kertas krep ini saja untuk mempermanis tampilannya

Letakkan kertas krepnya secara miring lalu tusukkan 2 bh tusuk gigi di pinggir bawah pot ( ini gunanya untuk menahan beban cupcake ) lalu tusukkan 1 bh tusuk gigi di tengahnya untuk menyematkan cupcakenya



Lakukan terus hingga cupcake terakhir, jadi stepnya pasang kertas krep, sematkan 2 tusuk gigi, sematkan 1 tusuk gigi diatasnya lalu letakkan cupcakenya
Susunannya adalah 9 bh cupcake di paling bawah, 6 bh cupcake di tengah dan 1 bh cupcake di paling atas
Setelah semuanya tersusun rapi lalu sematkan lagi 2 bh tusuk gigi di masing2 cupcake agar lebih kuat dan tidak akan jatuh pada saat deliver





Kalau semua cupcake sudah dikuatkan lalu langkah selanjutnya adalah membuat swirlnya, setelah itu tinggal menambahkan daun2 atau bunga2 plastik agar tampilannya makin wokeh xixixixi....

Khusus untuk cupcake bouquette ini disarankan untuk memakai butter cream yang kokoh biar tahan goncangan, kalau mau memakai butter cream siap pakai yang biasa dijual di tbk disarankan untuk menambahkan susu bubuk agar lebih kokoh lagi


Sekarang aku mau share untuk pembuatan box nya, karena hasil jadinya tinggi sekali jadi disarankan untuk membuat sendiri box nya
Untuk pesenan ini aku memakai dus nya Wilton tapi kalau mau yang lebih ekonomis lagi bisa memakai dus yang berwarna gold

Siapkan 3 bh dos ukuran 30x30cm
Step pertama, untuk tutupnya sisakan 1 bh untuk menjadi penutupnya ( kalau dus yang gold yang ada tutup transparannya, kalau yang wilton adalah yang bermotif bunga )
Dua lainnya potong salah satu sisi kelepaknya

Step ke dua untuk alas kotaknya yang 2 bh potong keempat sisinya jadi yang tersisa hanya kotak tengahnya saja , lalu alas yang terakhir lipat keempat kelopaknya menjadi 1/2 bagian kemudian potong

Maaf kalau agak membingungkan bahasanya karena agak susah untuk menerangkan dengan kata2, mudah2an foto di bawah ini bisa lebih jelas ya






Jika semuanya sudah dipotong lalu rekatkan double tape pada setiap lembaran yang ada kelepaknya
Setelah itu lepaskan double tape lalu rekatkan pada masing2 dus yang sudah dipotong ( pada dus wilton ini yang motif bunga berhadapan dengan yang motif bunga, untuk dus gold biasa yang plastik transparan saling berhadapan )

Sisakan satu sisi untuk jangan direkatkan dulu, gunanya untuk memasukkan cupcake bouquettenya


Ini penampakan jika bouqettenya sudah dimasukkan



Setelah ditutup jadinya seperti ini




Mudah2an apa yang aku share ini bermanfaat bagi teman2 semua, kalau masih ada yang belum dimengerti feel free untuk contact atau email ke aku...

Salam cupcake bouquette (:


17 komentar:

  1. Cantiknyaaa, kalo liat step by stepnya seperti mudah ya mbk.. Mudah2an suatu saat bisa bikin juga.

    BalasHapus
  2. Hai mbak.....

    Terima kasih sudah ngintip blog nya aku, Insya Allah suatu saat mba juga akan bisa bikin yang seperti ini, kan semua step2 nya sudah dijelaskan secara gamblang

    Good luck dan sukses buat mba ya...

    BalasHapus
  3. Siang, Bu Nina... mau tanya kalo pesen cupcake bouqette ini harganya berapa? ongkirnya juga berapa kalo ke Jakarta-Barat?

    BalasHapus
  4. Kalau untuk cupcake bouquette ini harganya 530rb sdh termasuk ongkir
    Jakarta baratnya dimana ya bu ? Rencananya untuk tgl brp?
    Maaf nama ibu siapa ya karena gak keluar namanya (:

    BalasHapus
  5. ass bu nina seneng banget ada yang share cake bouqet thank a lot bu

    BalasHapus
  6. bu nina kalau ada share pembuatan cake barbie dong ..... jazakillah bu

    BalasHapus
  7. Hai mulat dwidhowaty.....

    Insha Allah kalau nanti aku ada orderan barbie lagi aku buatin step by step nya ya...
    Terima kasih sudah mampir ke blog aku

    BalasHapus
  8. ass mbak...terima kasih sudah di share. mau tanya, kalau bungkusnya make plastik transparan gmn ya mbak supaya buttercream di cupcake nya gk nempel di plastik bungkusnya?

    BalasHapus
  9. mba blh tw bl sterofoam ball dmn yaa? sentosa itu dmn? range harganya brp? trims

    BalasHapus
  10. Mbak Nanina, aku ngintip blognya yx mbak.. Makasih bgt nih. Aku mau adain latbar bikin cupcake bouquet ini, gbar step by stepnya sangaat membantu. Brp ya kisaran harga jualnya klo saat ini mbak? Makasiih...

    BalasHapus
  11. Hallo mb.. mau tny dong.. resep buttercreamnya biar kokoh gmn ya? Trims be4

    BalasHapus
  12. Halo mba , mau tanya untuk cari dus wilton dimana ya ? Lalu itu tinggi box nya brp ya ?
    Trimakasih,
    Amanda

    BalasHapus
  13. Makasih mba,sangat jelas & detail banget kasih penjelasannya..buat yg awam kyk aku sgt mudah skali mengerti pa yg disampaikan..smoga aku bisa ikutan eksekusi.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Ismi Yanti...
      Ditunggu hasil eksekusinya ya

      Hapus
    2. Hai mba Ismi Yanti...
      Ditunggu hasil eksekusinya ya

      Hapus
  14. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com yaa

    BalasHapus
  15. Mantap postingan nya, Info nya sangat bermanfaat. Thanks ya

    BalasHapus