test

Assalamualaikum wrwb.....

Selamat datang di blog Nanina Kitchen
Di sinilah tempat aku berbagi ilmu dengan teman2 yang mempunyai minat yang sama yaitu di bidang baking dan dekorating

Silakan mengintip hasil karya yang sudah pernah aku buat, jika ingin mengcopy paste mohon untuk mencantumkan link ke blog ini, hargailah hasil karya orang lain !!

Lets have fun in the kitchen....

Selasa, 08 November 2011

Lapis Legit ala Camelia @home

Kenapa judulnya begitu??  Karena memang resep lapgit ini aku ambil dari blog nya Camelia
Dan menurut lia resep ini didapat dari bibinya yang bernama bibi jun

Aku tertarik ingin mencobanya karena pemakaian telurnya yang gak terlalu banyak yaitu 30 btr ( 30 kok dibilang gak banyak ya? *mikir* )
Masalahnya ini kali pertama aku bikin, sebelumnya pernah latbar bareng temen grup tapi biasanya kalau
lagi latbar suka pada gak konsen karena pastinya lebih banyak ngerumpinya daripada merhatiinnya *ayooo ngaku deh, yang lainnya juga suka begitu kan?*

Makanya karena ini kali pertama ngerjain sendiri tanpa ada teman tempat bertanya halaaaaaaaah lebay (:
jadi aku nyari resep yang resiko gagalnya sesedikit dan seminim mungkin

Kalau ngeliat dari komposisi resep bibi jun ini kayaknya aman, karena pemakaian telurnya gak banyak tapi terigunya banyak karena resep yang memakai kuning telur banyak dan terigunya sedikit biasanya banyak kendalanya yaitu banyak keluar gelembung2 yang bikin lapisannya jadi berongga

Dan taraaaaaaa.... Alhamdulilah lapgit pertama ku BERHASIL Horeeeeee....







Kalau ada yang tertarik untuk mencobanya ini resepnya ya, kalau sudah sekali berhasil pasti bakalan ketagihan untuk lapis melapis lagi hehehehe...


Lapis Legit

Resep : Bibi Jun Camelia @ Home

Bahan :
- 30 kutel
- 500 gr gula pasir ( aku ganti dengan 350 gula, lebih baik di mix dengan gula halus, komposisinya terserah aja, biar hasil adonannya lebih halus )
- 550 gr butter
- 175 gr terigu
- 2 sdt bumbu spekoek
- 2 sdm skm

Caranya :
- kocok telur dan gula hingga mengembang dan putih, masukkan terigu, bumbu spekoek, kocok dengan speed rendah
- kocok butter hingga putih, masukkan ke adonan telur lalu tambahkan susu kental manis ( kalau aku skm nya aku masukkin ke kocokan telur sesudah terigu masuk ) kocok dengan speed rendah hingga rata
- adonan siap dilapis, ambil kurleb 100 gr adonan lalu tuang ke loyang 20x20 yang sudah dioles carlo
- panggang dengan api bawah hingga kecoklatan
- keluarkan dari oven lalu tekan2 dengan penekan lapgit, tambahkan 100 gr adonan berikutnya
- panggang dengan api atas hingga kecoklatan, lakukan hal yang sama hingga adonan habis
- setelah semuanya selesai tutup loyang dengan alfol untuk mencegah lapgitnya kering lalu panggang lagi dengan api bawah kurleb 10 menit


Review :
1. Karena ini pertama kali aku belajar membuat lapgit jadi kemarin aku bikin komposisi butternya 200 gr wisjman sisanya pakai blueband tapi untuk hasil yang lebih mantab aku sarankan untuk memakai komposisi 70 % butter 30 % margarine
2. Bagi yang tidak suka manis takaran 350 gr gula sudah cukup bagi aku
3. Usahakan untuk membeli bumbu spekoek yang bagus biar wanginya lebih nonjok dan muantaaaaab
pastinya
4. Kalau mau hasilnya berminyak di setiap lapisan ditekan2 dengan penekan lapgit yang sudah dipoles wisjman
5. Ini point yang paling penting diingat !! kalau mau buat lapis legit usahakan untuk meninggalkan aktifitas lainnya, coba delegasikan tugas kita pada orang lain
Karena kejadian di aku, lapisan kedua dari bawah jadi gosong padahal cuma ditinggal beberapa menit untuk kasi obat anakku, kalau gak percaya coba deh lihat garis hitam dibawah lapgitku itu, untungnya gak terlalu merusak penampilan si lapgit secara keseluruhan (:


Selamat mencoba dan selamat melapis hehehehe





1 komentar: