test

Assalamualaikum wrwb.....

Selamat datang di blog Nanina Kitchen
Di sinilah tempat aku berbagi ilmu dengan teman2 yang mempunyai minat yang sama yaitu di bidang baking dan dekorating

Silakan mengintip hasil karya yang sudah pernah aku buat, jika ingin mengcopy paste mohon untuk mencantumkan link ke blog ini, hargailah hasil karya orang lain !!

Lets have fun in the kitchen....

Jumat, 20 Mei 2011

Choco Velvet Cupcake

Sebetulnya ini aku pakai resepnya Red Velvet yang kesohor itu cuma aku gak pake pewarna merahnya makanya aku sebut choco velvet
Begitu pertama nyoba aku langsung jatuh cinta sama teksturnya yang lembut, walaupun cake ini butter cake type tapi sama sekali gak terasa seret di tenggorokan malah cenderung lembut


Choco Velvet Cupcake
Sumber : Joy of baking
Modifikasi : Dina Crazy Cupcake

Bahan :
- 250 gr tepung terigu
- 25 gr coklat bubuk
- 120 gr butter ( aku pake bakers mix )
- 210 gr gula castor
- 2 btr telur
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt vanila
- 240 ml butter milk ( hangatkan susu lalu campur dengan 1,5 sdm air jeruk lemon, aduk2 hingga teksturnya pecah )
- 2 sdm pewarna merah ( ini kalau mau buat RVC )
- 1 sdt soda kue
- 1 sdt air jeruk lemon

Caranya :
- Kocok gula dan butter serta vanila hingga tercampur rata, masukkan telur
- Campur terigu, coklat bubuk dan garam lalu masukkan campuran tepung dan butter milk secara bergantian
- Kalau adonan sudah tercampur rata lalu masukkan campuran soda kue dan air jeruk lemon, aduk rata
- Tuang ke cupcase lalu panggang kurleb 25-30 menit dengan suhu 160 derajat

Note : 1 resep menghasilkan kurleb 21 cupcake

8 komentar:

  1. hai mbak nina (nani, nina, ato nanina ya? hehehe...). saya ira. mbak, ijin copas resepnya ya. penasaran sama rasanya rvc. matur nuwun ya mbak...

    BalasHapus
  2. Hai mbak anonim (soalnya gak ada namanya hehehe..)

    Panggil aku nina aja (:
    resepnya sudah dicoba belum?
    Kalau aku sudah cocok banget sama resep ini, hasilnya bener2 moist dan gak seret
    Mudah2an mbak juga bisa cocok dengan resep ini

    BalasHapus
  3. Dear mbak Nina, mbak, ijin mo nyoba resepnya ya, sekalian mau nanya, lemonnya andai diganti jeruk nipis gt bisa gak mbak ? terus waktu buat buttermilk, sambil terus dihangatkan di api kecil, atau hangatkan susu saja, setelah hangat api dimatikan, terus masuk air lemon, baru aduk2 ? kl gula kastor diganti gulaku putih boleh gak ?sama butternya kl sy pakai holfman butter boleh gak mbak ? (soalnya bahan2 itu yg ready di rumah), tks bnyk ya mbak
    salam,
    yudith

    BalasHapus
  4. Hai yudith...
    Silakan aja kalau pake resep ini, mudah2an cocok
    Untuk lemon bisa kok kalau diganti air jeruk nipis karena kan sama2 asam
    Untuk buttermilknya cukup susunya dihangatkan aja trus diangkat lalu tuang jeruk nipisnya , aduk2 hingga teksturnya pecah seperti susu basi
    Gula castor bisa diganti dengan gulaku yang butirannya halus (kayaknya yg warnanya hijau)
    Btw butter hollman ini mksdnya butter cream hollman? kalau itu gak bisa dipake karena fungsinya beda
    Kalau mau bisa di mix blue band dengan butter misalnya merk orchid yg banyak dijual di pasaran
    Mudah2an penjelasanku bisa dimengerti ya
    Kalau masih ada yang belum jelas bisa email aja ke aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nina,

      maaf mbak baru balas, tks bnyk ya mbak udah di-reply. Saya lagi pgn dapet resep cupcake yg di-oven tp putih (rasa vanila), kl yg coklat suka brokus-nya NCC bu fatmah. Kendala saya kl pakai oven msh suka agak gosong bawahnya tp atasnya msh agak basah2 gitu, walopun dalemnya udah mateng. aku mo nyoba resep mbak Nina ya, kl mau putih, cokbuk tinggal diganti susu bubuk ya mbak...
      btw mbak Nina domisili di depok (perumahan grand depok city gak), krn punya tetangga di blok D, namanya Nina Herlina juga (br tahu nama, blm tahu orgnya) :-)

      Hapus
  5. Hai Yudith...

    Kalau mau bikin rasa vanila coklat bubuknya diganti sama maizena aja
    Kalau untuk kasus cupcake yang hasilnya bawahnya gosong tapi dalamnya masih agak basah biasanya itu karena api ovennya kebesaran, kalau aku standarnya pake api di suhu 160-180

    Aku tinggalnya di lippo cikarang bekasi, waduuuh namaku pasaran banget ya jadi dimana2 ada hehehehe

    BalasHapus
  6. Halo mbak,

    Mw nanya, kalo tepung terigu yang di pakai, merek apa?? maksudnya yg protein sedang atau tinggi???
    terus, perbandingan antara blue band sama orchid butter itu untuk menghasilkan mix butter yg baik (dalam resep ini) berapa yah???

    Makasih sebelumnya.

    Regards,
    trifena

    BalasHapus
  7. Oya, 1 lagi ketinggalan, kalo mau buat RVC tetap pake bubuk coklat yah??? atau bisa mix coklat sama pewarna merah??
    Kalau hanya RVC tok, bubuk coklat diganti apa??

    BalasHapus